Minggu, 25 Mei 2008

Web Hosting, apaan ya?

Sebenarnya apa sih web hosting itu? Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, apa yang terlihat di browser Anda pada dasarnya adalah halaman website yang di download dari web server ke komputer Anda. Umumnya sebuah website terdiri dari banyak halaman web. Halaman web itu sendiri disusun dari rangkaian teks, gambar, gambar bergerak, atau mungkin suara, dan efek - efek visual lain. Seluruh halaman web dan rangkaian file pendukungnya harus diletakkan pada sebuah web server sehingga pengguna internet di seluruh dunia dapat mengaksesnya.

Jadi jika Anda punya rencana untuk membuat sebuah website, Anda membutuhkan sebuah web server. Ketika halaman website Anda tersebut sudah tempatkan pada websever tersebut, maka semua pengguna internet di seluruh dunia dapat mengakses website Anda.

Perusahaan yang menyewakan web server dimana Anda dapat meletakkan halaman - halaman website Anda agar dapat diakses melalui internet disebut sebagai web hosting provider.

Sebuah perusahaan web hosting yang memiliki reputasi dan layak dipercaya biasanya telah melayani ribuan pelanggan dalam waktu yang cukup lama. Seperti misalkan Indorackhosting yang merupakan anak perusahaan Rumahweb, telah melayani lebih dari 4000 website sejak tahun 2002 (silahkan lihat profil Indorackhosting - web hosting Indonesia untuk mengenal lebih jauh). Untuk dapat memberikan layanan hosting, web hosting provider seperti kami memiliki beberapa server (per Januari ini kami sudah memiliki 12 server di US maupun di Indonesia lho :P). Server - server tersebut terkoneksi dengan internet dalam kecepatan yang sangat tinggi mencapai satuan gigabyte per detik.

Selain untuk meletakkan file - file web, web hosting biasanya juga memiliki banyak fasilitas lain seperti misalnya :

  • Mail Server. Fasilitas ini memungkinkan Anda membuat mail account atas nama domain sendiri
  • Database Server. Fasilitas ini memungkinkan Anda menyimpan database
  • dan lain - lain. Silahkan coba cek fasilitas hosting di paket - paket hosting yang tersedia

Ada pilihan Web Hosting yang siap dikunjungi
Pake Duit ato gak pake duit, sama-sama dikunjungi ya.

-Yang gak pake Duit-
a. alhakim.worldpress.com
b. absolutely-free-hosting.com


-Pilih yang pake duit-
a. webhostingchoice.com
b. tadulako.com

Tidak ada komentar: