Minggu, 25 Mei 2008

Search Engine

Search engine adalah sebuah database elektronis yang berisi jutaan hingga miliaran alamat-alamat situs dan informasi yang berserakan di jagad Internet ini.

Macam-macam dari search engine :

Di dunia, khususnya di Indonesia terdapat bermacam-macam search engine. Perbedaan antara yang satu dengan yang lain adalah lembaga yang memproduksi dan kecepatan aksesnya. Ada beberapa search engine yang paling sering digunakan oleh pengguna internet sekaligus yang paling populer di Indonesia, yaitu :
1. Search Engine GoogleGoogle adalah search engine yang sangat populer, khususnya di Indonesia. Google memiliki kecepatan akses yang baik. Hal tersebut karena dipengauhi oleh modem dan keandalan mesin pencari. Disamping itu, Google juga memiliki kelemahan. Google tidak menyediakan layanan e-mail gratis dan tidak menyediakan fasilitas video, MP3 dan sejenisnya.

2. Search Engine msn
msn adalah search engine yang diterbitkan oleh microsoft selain ENCARTA. msn juga relatif mudah untuk digunakan. Mungkin msn ini jarang dipakai tetapi pencarian msn tersebut lebih lengkap daripada YAHOO dan GOOGLE. msn juga memiliki kategori-kategori dalam pemilihan bentuk untuk data yang akan dicari, misal: Web, News, Images, Local, Desktop dll.

3. Search Engine Yahoo
Yahoo adalah pelopor search engine di dunia. Hampir 60% pengguna internet menggunakan search engine yahoo untuk mencari informasi. Tampilan homepagenya mudah dipahami dan terorganisir sehingga mempermudah seseorang untuk mencari informasi bahkan untuk orang-orang yang baru pertama kali menggunakan internet. Keunggulan Yahoo dibandingkan dengan search engine yang lain adalah dapat mencari informasi dalam benda bergerak, misal: video, MP3, gambar animasi, musik dan lainnya. Yahoo juga menyediakan e-mail gratis dan chatting. Kapasitas pengiriman e-mail tersebut mencakup seluruh dunia.
C. FUNGSI SEARCH ENGINE
Memang secara umum, fungsi search engine adalah untuk mencari informasi dalam waktu singkat. Tetapi secara khusus , search engine memiliki banyak fungsi dalam prakteknya. Macam-macam fungsi search engine adalah :

1. Dapat mencari informasi dalam bentuk website2. Dapat digunakan untuk mencari gambar3. Dapat digunakan untuk mencari informasi dalam bentuk gambar bergerak (video) dangambar animasi4. Dapat digunakan untuk mencari lagu-lagu favorit dan MP35. Dapat digunakan untuk berbelanja6. Dapat digunakan untuk mencari website berdasarkan direktorinya7. Dapat digunakan untuk mencari website berdasarkan kategori tempat8. Dapat digunakan untuk mencari berita-berita terbaru tentang seluruh negara-negara didunia.9. Dapat digunakan untuk mencari jurnal atau laporan penelitian10. Dapat digunakan untuk mencari website-website yang berhubungan dengan pendidikan
Sumber :www.google.com

Tidak ada komentar: